Blog dan Cerita Hari Ini.

Ikuti kami melalui cerita, tips & tricks, serta kegiatan kami setiap harinya.

Lampu Gantung Sarang Lebah: Inovasi Produk Interior Hasil Olahan Limbah Besi

Lampu Gantung Sarang Lebah: Inovasi Produk Interior Hasil Olahan Limbah Besi
Photo by pepe nero / Unsplash

Dalam konteks hunian, terdapat 2 jenis lampu yaitu lampu utama dan lampu dekoratif. Lampu utama atau general lighting merupakan jenis lampu yang berfokus untuk menerangi seluruh ruangan. Salah satu contoh dari lampu utama yaitu lampu gantung atau chandelier. Lampu gantung sering kali menggunakan material dari besi untuk mendukung kekuatan dari struktur pemasangannya serta awet digunakan dalam jangka panjang. Material besi banyak digunakan untuk memproduksi sebuah barang atau produk hunian seperti pintu, lampu, partisi, hingga konstruksi dasar sebuah rumah. Semakin tinggi tingkat produksi, semakin banyak pula limbah yang dihasilkan sehingga dibutuhkan inovasi untuk menangani penumpukan limbah besi.

Detail Lampu Gantung Sarang Lebah
Detail Lampu Gantung Sarang Lebah

Dalam rangka Program Matching Fund Kedaireka 2023 “Waste Becomes a Blessing”, Petra Christian University mengajak mahasiswa-mahasiswi program studi Desain Interior untuk mengasah kreativitas dari olahan limbah besi menjadi produk interior yang memiliki nilai estetika serta fungsional melalui mata kuliah Eko Desain. Dalam proses produksi, Petra Christian University berkolaborasi dengan PT Varia Cipta Pratama memanfaatkan limbah besi sisa hasil produksi yang dapat digunakan sebagai material utama produk interior. PT Varia Cipta Pratama memproduksi berbagai jenis produk seperti konstruksi polyfold, pintu besi, teralis, hingga lift barang sehingga sisa dari laser cutting bagian-bagian dari produk tersebut menghasilkan berbagai pola atau pattern yang menarik.

Sketsa Desain Lampu Gantung Sarang Lebah
Sketsa Desain Lampu Gantung Sarang Lebah

Lampu Gantung Sarang Lebah atau Honeybee Chandelier merupakan lampu gantung dengan desain yang terinspirasi dari bentuk fisik sarang lebah. Dengan memanfaatkan permainan pola dari plat laser cutting pangkon baut daun pintu (afalan) menghasilkan pola bayangan yang unik ketika lampu dinyalakan. Ide awal dari desain Honeybee memiliki tambahan dekoratif lebah dari akrilik yang memperkuat kesan rumah lebah serta fitur dimmable pendant lamp yang dikontrol menggunakan remote sehingga bisa menyesuaikan ketinggian plafon ruangan. Namun, dengan terbatasnya waktu produksi, fitur tambahan tersebut tidak sempat ditambahkan tetapi tidak mengurangi estetika dari desain lampu gantung. Lampu gantung sarang lebah cocok digunakan pada interior tematik lebah maupun interio cafe atau hunian biasa. PT Varia Cipta Pratama mengembangkan desain Honeybee dengan konstruksi yang kokoh serta menggunakan lampu tabung filament yang minimalis. Hasil produk jadi Lampu Gantung Sarang lebah menggunakan finishing black doff sehingga terlihat elegan dan rapi.

Hasil Jadi Lampu Gantung Sarang Lebah
Hasil jadi lampu gantung sarang lebah